1. Sehat atau tidaknya suatu lingkungan dapat ditentukan oleh faktor....
A. alam sekitar B. manusia C. habitat ketempat D. penduduk sekitar
2. Dalam kehidupannya, manusia tidak pernah bebas dari kontak dan interaksi dengan berbagai macam bibit penyakit. Dari berbagai kontaknya tersebut, tidak semua orang bisa langsung jatuh sakit. Hal ini disebabkan oleh....
A. tingkat kebugaran jasmani yang baik
B. tingkat daya tahan tubuh yang baik
C. faktor bawaan manusia
D. kekebalan tubuh secara alami
3. Segala sesuatu yang dapat mempengaruhi kelangsungan hidup manusia serta masyarakat di sekitarnya....
A. lingkungan hidup
B. lingkungan fisik
C. lingkungan biologis
D. lingkungan hidup ekonomis
4. Hal yang perlu dilakukan sebagai upaya penanggulangan kesehatan lingkungan adalah....
A. menanggulangi masalah pencemaran
B. memberantas sumber penyakit
C. mencegah sumber-sumber penyakit
D. menanggulangi pencemaran dan memberantas sumber penyakit
5. Zat organik yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang sedikit, tetapi penting untuk mempertahankan gizi yang normal dan hanya dapat diperoleh dari makanan adalah....
A. lemak B. protein C. karbohidrat D. vitamin
6. Berikut termasuk hal yang penting dalam pembelajaran aktivitas air sebelum dilakukan belajar renang gaya, kecuali....
A. pengenalan air
B. kontrol pernafasan
C. renang lengkap
D. masuk kolam
Baca Juga :
7. Alat-alat yang dominan digunakan dalam aktivitas air termasuk di bawah ini, kecuali....
A. Kacamata renang B. Papan luncur C. Barbel D. Pelampung kaki
8. Berenang gaya bebas/crawl dengan posisi telungkup sambil meluncur rileks, maka akan nampak secara berurutan pola gerakan....
A. pernafasan, koordinasi tangan-kaki, gerakan mengayun kaki, dan gerakan mengayuh tangan
B. koordinasi tangan-kaki, gerakan mengayun kaki, gerakan mengayuh tangan, pernafasan
C. gerakan tangan, gerakan kaki, pernafasan, koordinasi tangan-kaki, dan
D. gerakan mengayun kaki, gerakan mengayuh tangan, koordinasi tangankaki, dan pernafasan.
9. Satu siklus (cycle) lengkap renang gaya dada dalam perlombaan adalah....
A. dua tendangan kaki satu tarikan tangan pada kejadian itu bagian kepala harus harus memecah permukaan air.
B. satu tarikan tangan satu tendangan kaki pada kejadian itu bagian kepala harus harus memecah permukaan air.
C. satu tendangan kaki satu tarikan tangan.
D. satu tarikan tangan satu tendangan kaki.
10. Kesalahan yang sering dilakukan dalam gerakan kaki renang gaya dada adalah....
A. gerakan dorongan menggunakan telapak kaki.
B. gerakan membuka kaki dibatasi selebar bahu.
C. gerakan dorongan menggunakan punggung kaki
D. tekuk pergelangan kaki dan putar telapak kaki keluar.
11. Gerakan meroda, salto ke depan dan belakang termasuk rangkaian dalam senam....
A. Ritmik B. Ketangkasan C. Prestasi D. Alat
12. Pada waktu melakukan gerakan senam lantai berguling ke depan, bagian untuk pertama kali kena matras adalah....
A. Kepala B. Tengkuk C. Pundak D. Punggung
13. Pada waktu melakukan gerakan salto ke depan, salah satu unsur fisik dominan yang dibutuhkan saat badan berputar di udara adalah....
A. Kekuatan B. Kelentukan C. Kecepatan D. Kekuatan dan kelentukan
14. Komponen standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam silabus....
A. Disesuaikan dengan urutan yang ada pada contoh BSNP
B. Boleh dimodifikasi sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah
C. Disesuaikan dengan urutan yang ada pada contoh silabus Pusat Kurikulum
D. Dijadikan sebagai dasar bagi pengembangan komponen silabus lainnya
15. Dalam menentukan SKL haaraus adanya keseimbangan antara soft skill dan hard skill yang meliputi:....
A. Kompetensi sosial, keterampilan, dan pengetahuan
B. Kompetensi sikap, keterampilan, dan gerakan
C. Kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan
D. Kompetensi spiritual, keterampilan, dan pengetahuan
16. Pada jenjang SD yang harus lebih dominan dikenalkan adalah....
A. Attitude
B. Skill Kegiatan
C. Keterampilan
D. Pengetahuan umum
17. Tujuan pembelajaran yang dirumuskan harus berdasarkan....
A. SK B. KI C. SKKD D. KD
18. Proses dan hasil penilaian dapat dijadikan dasar untuk memotivasi, memperbaiki proses pembelajaran bagi pendidik, meningkatkan kualitas belajar dan membina peserta didik agar tumbuh dan berkembang secara optimal. Hal ini merupakan penilaian dilihat dari prinsip....
A. realibitas B. menyeluruh C. obyektif D. mendidik
19. Penilaian hasil belajar Penjasorkes sebaiknya harus menggunakan ranah....
A. kognitif B. afektif C. psikomotor D. kognitif, afektif, psikomotor
20. Strategi komunikasi guru yang efektif ada di bawah ini, KECUALI....
A. Menarik perhatian peserta didik
B. Berbicara secara lantang
C. Menyampaikan orientasi pembelajaran
D. Presentasi yang runtut
21. Sebelum mulai bicara, hendaknya guru memastikan....
A. Peserta didik tidak mengantuk
B. Kehadiran peserta didik
C. Peserta didik berada dalam jarak yang deka dengan guru
D. Peralatan tersedia
22. Untuk materi yang sulit ditangkap peserta didik, guru harus....
A. Meminta wali peserta didik memberi les tambahan
B. Memberi pekerjaan rumah
C. Mengulang kembali materi tersebut
D. Mengganti dengan materi lain
23. Komunikasi guru akan efektif jika peserta didik....
A. Tenang
B. Siap menerima informasi/instruksi
C. Berbaris
D. Sudah sarapan pagi
24. Tujuan utama menyampaikan orientasi pembelajaran adalah....
A. Cara mengajar guru menjadi nampak lebih bagus
B. Mengarahkan peserta didik
C. Membuat cara mengajar guru menjadi lebih mudah
D. Peserta didik akan merasa nyaman jika mengetahui apa yang akan dilakukan
25. Agar peserta didik dapat menggunakan materi baru secara lebih efektif, guru seyogyanya mengkomunikasikan....
A. Materi yang pernah dipelajari sebelumnya
B. Bagaimana peserta didik nanti akan dites
C. Buku yang akan digunakan
D. Materi secara pelan-pelan
Kunci Jawaban
1. D 2. B 3. B 4. D 5.D 6.C 7. C 8. A 9. A 10.C
11. B 12. D 13. C 14.C 15.C 16.A 17.D 18. C 19.D 20.B
21.B 22.C 23.A 24.B 25.D
Lihat Juga:
0 Komentar