Latihan Soal Pedagogik untuk guru PJOK ini bertujuan untuk melatih pengetahuan pengembangan kompetensi sebagai guru PJOK, soal dibawah ini memuat pengembangan kurikulum, Pengembangan instrumen penilaian, komunikasi efektif dan dilengkapi dengan kunci jawaban
Latihan Soal Pengembangan Kurikulum
1. Standar Kompetensi Lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor setelah peserta didik....
a. Lulus dalam satu kelompok kompetensi dasar
b. Lulus dalam menghadapi ujian semester
c. Menyelesaikan masa belajar pada satuan pendidikan
d. Menyelesaikan masa belajar pada kelas tertentu
2. Pernyataan yang tepat tentang kompetensi dasar dalam silabus....
a. Disesuaikan dengan urutan yang ada pada contoh BSNP
b. Boleh dimodifikasi sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah
c. Disesuaikan dengan urutan yang ada pada contoh silabus Pusat Kurikulum
d. Dijadikan sebagai dasar bagi pengembangan komponen silabus lainnya
3. Dalam menentukan SKL harus adanya keseimbangan antara soft skill dan hard skill yang meliputi....
a. Kompetensi sosial, keterampilan, dan pengetahuan
b. Kompetensi sikap, keterampilan, dan gerakan
c. Kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan
d. Kompetensi spiritual, keterampilan, dan pengetahuan
4. Pada jenjang SD yang harus lebih dominan dikenalkan adalah....
a. Attitude b. Skill c. Keterampilan d. Pengetahuan umum
a. SK b. KI c. SKKD d. KD
Latihan Soal Pengembangan Instrumen Penilaian
1. Suatu kegiatan yang dilakukan guru yang berkaitan dengan pengambilan keputusan tentang pencapaian kompetensi dasar setelah mengikuti proses pembelajaran....
a. penilaian kelas
b. penilaian kognitif
c. penilaian afektif
d. penilaian psikomotor
2. Yang tidak termasuk teknik atau cara penilaian kelas yang dilaksanakan oleh guru berikut ini adalah....
a. penilaian unjuk kerja
b. penilaian sumatif
c. penilaian tertulis
d. penilaian produk
3. Penilaian yang paling besar bobotnya dalam menentukan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Penjasorkes adalah....
a. penilaian unjuk kerja
b. penilaian portofolio
c. penilaian tertulis
d. penilaian produk
4. Memberikan umpan balik bagi peserta didik agar mengetahui kekuatan dan kelemahannya dalam proses pencapaian kompetensi merupakan....
a. fungsi penilaian kelas
b. tujuan penilaian kelas
c. manfaat penilaian kelas
d. makna penilaian kelas
5. Memberikan informasi kepada orang tua dan komite satuan pendidikan tentang efektivitas pendidikan merupakan....
a. fungsi penilaian kelas
b. tujuan penilaian kelas
c. manfaat penilaian kelas
d. makna penilaian kelas
6. Menemukan kesulitan belajar dan kemungkinan prestasi yang bisa dikembangkan peserta didik dan sebagai alat diagnosis yang membantu pendidik menentukan apakah seseorang perlu mengikuti remedial atau pengayaan merupakan....
a. makna penilaian kelas
b. fungsi penilaian kelas
c. tujuan penilaian kelas
d. manfaat penilaian kelas
7. Penilaian dilakukan secara terencana, bertahap dan terus menerus untuk memperoleh gambaran pencapaian kompetensi peserta didik dalam kurun waktu tertentu. Hal ini merupakan penilaian dilihat dari prinsip....
a. validitas b. realibitas c. menyeluruh d. berkenambungan
8. Menilai apa yang seharusnya dinilai dengan menggunakan alat yang sesuai untuk mengukur kompetensi. Hal ini merupakan penilaian dilihat dari prinsip....
a. validitas b. realibitas c. menyeluruh d. berkenambungan
9. Proses dan hasil penilaian dapat dijadikan dasar untuk memotivasi, memperbaiki proses pembelajaran bagi pendidik, meningkatkan kualitas belajar dan membina peserta didik agar tumbuh dan berkembang secara optimal. Hal ini merupakan penilaian dilihat dari prinsip....
a. realibitas b. menyeluruh c. obyektif d. mendidik
10. Penilaian hasil belajar Penjasorkes sebaiknya harus menggunakan ranah....
a. kognitif b. afektif c. psikomotor d. kognitif, afektif, psikomotor
Latihan Soal Komunikasi Efektif
1. Komunikasi adalah:
a. Proses percakapan dua orang
b. Proses berbagi informasi yang melibatkan lebih dari satu orang
c. Percakapan lewat handphone
d. Proses mengumpulkan informasi tentang hasil belajar peserta didik
2. Strategi komunikasi guru yang efektif ada di bawah ini, KECUALI:
a. Menarik perhatian peserta didik
b. Berbicara secara lantang
c. Menyampaikan orientasi pembelajaran
d. resentasi yang runtut
3. Sebelum mulai bicara, hendaknya guru memastikan:
a. Peserta didik tidak mengantuk
b. Kehadiran peserta didik
c. Peserta didik berada dalam jarak yang deka dengan guru
d. Peralatan tersedia
4. Untuk materi yang sulit ditangkap peserta didik, guru harus:
a. Meminta wali peserta didik memberi les tambahan
b. Memberi pekerjaan rumah
c. Mengulang kembali materi tersebut
d. Mengganti dengan materi lain
5. Komunikasi guru akan efektif jika peserta didik:
a. Tenang
b. Siap menerima informasi/instruksi
c. Berbaris
d. Sudah sarapan pagi
6. Tujuan utama menyampaikan orientasi pembelajaran adalah:
a. Cara mengajar guru menjadi nampak lebih bagus
b. Mengarahkan peserta didik
c. Membuat cara mengajar guru menjadi lebih mudah
d. Peserta didik akan merasa nyaman jika mengetahui apa yang akan dilakukan
7. Agar peserta didik dapat menggunakan materi baru secara lebih efektif, guru seyogyanya mengkomunikasikan:
a. Materi yang pernah dipelajari sebelumnya
b. Bagaimana peserta didik nanti akan dites
c. Buku yang akan digunakan
d. Materi secara pelan-pelan
8. Untuk memastikan apakah peserta didik sudah paham dengan apa yang disampaikan, guru:
a. Statis b. Monoton c. Microphone d. Dinamis
9. Agar komunikasi guru tidak membosankan, gaya bicara guru sebaiknya:
a. Jawaban benar-salah
b. Isian singkat
c. Pilihan ganda
d. Menganalisis suatu kasus
10. Komunikasi guru bisa disebut efektif jika apa yang dimaksud guru:
a. Relatif sama dengan apa yang diterima peserta didik
b. Dituruti oleh peserta didik
c. Relatif sama dengan apa yang diterima wali peserta didik
d. Sama dengan yang dimaksud kepala sekolah
- Kunci Jawaban Soal Pengembangan Kurikulum
- Kunci Jawaban Soal Pengembangan Instrumen penilaian
- Kunci Jawaban Soal Komunikasi Efektif
0 Komentar