Subscribe Us

Latihan Soal Pedagogik Guru PJOK SMP


Latihan Soal Pedagogik untuk guru PJOK ini bertujuan untuk melatih pengetahuan pengembangan kompetensi sebagai guru PJOK, soal dibawah ini memuat pengembangan kurikulum, Pengembangan instrumen penilaian, komunikasi efektif dan dilengkapi dengan kunci jawaban

Latihan Soal Pengembangan Kurikulum

1. Standar Kompetensi Lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang  mencakup                       aspek kognitif, afektif, dan psikomotor setelah peserta didik....

    a. Lulus dalam satu kelompok kompetensi dasar

    b. Lulus dalam menghadapi ujian semester

    c. Menyelesaikan masa belajar pada satuan pendidikan

    d. Menyelesaikan masa belajar pada kelas tertentu

2. Pernyataan yang tepat tentang kompetensi dasar dalam silabus....

    a. Disesuaikan dengan urutan yang ada pada contoh BSNP

    b. Boleh dimodifikasi sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah

    c. Disesuaikan dengan urutan yang ada pada contoh silabus Pusat Kurikulum

    d. Dijadikan sebagai dasar bagi pengembangan komponen silabus lainnya

3. Dalam menentukan SKL harus adanya keseimbangan antara soft skill dan hard skill yang             meliputi....

    a. Kompetensi sosial, keterampilan, dan pengetahuan

    b. Kompetensi sikap, keterampilan, dan gerakan

    c. Kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan

    d. Kompetensi spiritual, keterampilan, dan pengetahuan

4. Pada jenjang SD yang harus lebih dominan dikenalkan adalah....

    a. Attitude      b. Skill        c. Keterampilan      d. Pengetahuan umum

 5. Tujuan pembelajaran yang dirumuskan harus berdasarkan....

    a. SK                b. KI     c. SKKD                                       d. KD


Latihan Soal Pengembangan Instrumen  Penilaian

1. Suatu kegiatan yang dilakukan guru yang berkaitan dengan pengambilan keputusan tentang             pencapaian kompetensi dasar setelah mengikuti proses pembelajaran....

    a. penilaian kelas

    b. penilaian kognitif

     c. penilaian afektif

    d. penilaian psikomotor

2. Yang tidak termasuk teknik atau cara penilaian kelas yang dilaksanakan oleh guru berikut ini             adalah....

    a. penilaian unjuk kerja

    b. penilaian sumatif

    c. penilaian tertulis

    d. penilaian produk

3. Penilaian yang paling besar bobotnya dalam menentukan hasil belajar peserta didik mata                 pelajaran Penjasorkes adalah....

    a. penilaian unjuk kerja

    b. penilaian portofolio

    c. penilaian tertulis

    d. penilaian produk

4. Memberikan umpan balik bagi peserta didik agar mengetahui kekuatan dan kelemahannya dalam     proses pencapaian kompetensi merupakan....

    a. fungsi penilaian kelas

    b. tujuan penilaian kelas

    c. manfaat penilaian kelas

    d. makna penilaian kelas

5. Memberikan informasi kepada orang tua dan komite satuan pendidikan tentang efektivitas                pendidikan merupakan....

    a. fungsi penilaian kelas

    b. tujuan penilaian kelas

    c. manfaat penilaian kelas 

    d. makna penilaian kelas

6. Menemukan kesulitan belajar dan kemungkinan prestasi yang bisa dikembangkan peserta didik        dan sebagai alat diagnosis yang membantu pendidik menentukan apakah seseorang perlu                 mengikuti remedial atau pengayaan merupakan....

    a. makna penilaian kelas

    b. fungsi penilaian kelas

    c. tujuan penilaian kelas

    d. manfaat penilaian kelas

7. Penilaian dilakukan secara terencana, bertahap dan terus menerus untuk memperoleh gambaran     pencapaian kompetensi peserta didik dalam kurun waktu tertentu. Hal ini merupakan penilaian         dilihat dari prinsip....

    a. validitas     b. realibitas              c. menyeluruh          d. berkenambungan

8. Menilai apa yang seharusnya dinilai dengan menggunakan alat yang sesuai untuk mengukur             kompetensi. Hal ini merupakan penilaian dilihat dari prinsip....

    a. validitas       b. realibitas           c. menyeluruh          d. berkenambungan

9. Proses dan hasil penilaian dapat dijadikan dasar untuk memotivasi, memperbaiki proses                    pembelajaran bagi pendidik, meningkatkan kualitas belajar dan membina peserta didik agar             tumbuh dan berkembang secara optimal. Hal ini merupakan penilaian dilihat dari prinsip....

    a. realibitas     b. menyeluruh        c. obyektif         d. mendidik

10. Penilaian hasil belajar Penjasorkes sebaiknya harus menggunakan ranah....         

    a. kognitif      b. afektif        c. psikomotor      d. kognitif, afektif, psikomotor


Latihan Soal Komunikasi Efektif

1. Komunikasi adalah:

    a. Proses percakapan dua orang

    b. Proses berbagi informasi yang melibatkan lebih dari satu orang

    c. Percakapan lewat handphone

    d. Proses mengumpulkan informasi tentang hasil belajar peserta didik

2. Strategi komunikasi guru yang efektif ada di bawah ini, KECUALI:

    a. Menarik perhatian peserta didik

    b. Berbicara secara lantang

    c. Menyampaikan orientasi pembelajaran

    d. resentasi yang runtut

3. Sebelum mulai bicara, hendaknya guru memastikan:

    a. Peserta didik tidak mengantuk

    b. Kehadiran peserta didik

    c. Peserta didik berada dalam jarak yang deka dengan guru

    d. Peralatan tersedia

4. Untuk materi yang sulit ditangkap peserta didik, guru harus:

    a. Meminta wali peserta didik memberi les tambahan

    b. Memberi pekerjaan rumah

    c. Mengulang kembali materi tersebut

    d. Mengganti dengan materi lain

5. Komunikasi guru akan efektif jika peserta didik:

    a. Tenang

    b. Siap menerima informasi/instruksi

    c. Berbaris

    d. Sudah sarapan pagi

6. Tujuan utama menyampaikan orientasi pembelajaran adalah:

    a. Cara mengajar guru menjadi nampak lebih bagus

    b. Mengarahkan peserta didik

    c. Membuat cara mengajar guru menjadi lebih mudah

    d. Peserta didik akan merasa nyaman jika mengetahui apa yang akan dilakukan

7. Agar peserta didik dapat menggunakan materi baru secara lebih efektif, guru seyogyanya                 mengkomunikasikan:

    a. Materi yang pernah dipelajari sebelumnya

    b. Bagaimana peserta didik nanti akan dites

    c. Buku yang akan digunakan

    d. Materi secara pelan-pelan

8. Untuk memastikan apakah peserta didik sudah paham dengan apa yang disampaikan, guru:

    a. Statis         b. Monoton             c. Microphone          d. Dinamis

9. Agar komunikasi guru tidak membosankan, gaya bicara guru sebaiknya:

    a. Jawaban benar-salah

    b. Isian singkat

    c. Pilihan ganda

    d. Menganalisis suatu kasus

10. Komunikasi guru bisa disebut efektif jika apa yang dimaksud guru:

    a. Relatif sama dengan apa yang diterima peserta didik

    b. Dituruti oleh peserta didik

    c. Relatif sama dengan apa yang diterima wali peserta didik

    d. Sama dengan yang dimaksud kepala sekolah


Kunci jawaban

  • Kunci Jawaban Soal Pengembangan Kurikulum

        1. C      2. D     3. C     4. A      5. D  

  • Kunci Jawaban Soal  Pengembangan Instrumen penilaian 

        1. A  2. D  3. A   4. C   5. C   6. B   7. B    8. A.     9 C     10. C 

  • Kunci Jawaban Soal Komunikasi Efektif

        1. D    2. C     3. B    4. D    5. A    6. A    7. B    8. C    9. D    10. D  



Baca Juga :


Posting Komentar

0 Komentar