Subscribe Us

Latihan soal K-13 tema 1 Kelas 4 SD

 



PPKn

3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”

1. Sikap yang merupakan pengamalan sila pertama Pancasila adalah . . . .

  a.    berdoa sebelum belajar                         c. bersikap adil pada semua orang

  b.    menerima pendapat orang lain         

 

2. Sila kedua Pancasila dilambangkan dengan gambar . . . .

 

3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungfan sekitar

3. Berikut merupakan sikap yang baik menghadapi perbedaan fisik teman, yaitu . . . .

a.    mengejeknya                                          c. menertawakannya

b.    menghormatinya

 

4. Saat temanmu mengalami kesulitan, sikap yang kamu lakukan adalah . . . .

 

3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar

5.  Antara sesama ciptaan Allah SWT kita harus saling . . . .............

 

6. Sebutkan 2 manfaat sikap saling menghormati dan menghargai orang lain........

     


Bahasa Indonesia

3.4  Mencermati kosakata dalam teks tentang  konsep pertumbuhan dan perkembangbiakan makhluk hidup

  7. Manusia membutuhkan oksigen dari udara untuk . . . .

       a.    berkembangbiak                                              c. bernapas

       b.    bergerak

 

  8. Nasi, jagung dan gandum jenis makanan yang mengandung . . . .

       a.    lemak                       b.   protein                   c. karbohidrat

 

9. Tahu dan tempe merupakan contoh protein . . . ...............

     a.    nabati                       b.  hewani                       c. korbohidrat             

      

  10. Metamorfosis sempurna mengalami . . ................ tahapan

 

  11. Bunga Raflesia Arnoldi memiliki julukan sebagai . . . .

 

  12. Sebutkan 4 (empat) ciri-ciri makhluk hidup....................

                


Matematika

3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah

13. Angka 3 pada bilangan 2.350 menempati nilai tempat . . . .

            a. puluhan                     b. ribuan                                     c. ratusan

 

14. 1.630 + 1.263 = . . . .

            a. 2.823                         b. 2.938                                      c. 2.893

            15. Nama bilangan 2.3 0 5 adalah . . . .

                   a. dua ribu tiga ratus            c. dua ribu tiga ratus lima puluh

                   b. dua ribu tiga ratus lima

16. Perhatikan garis bilangan berikut!



            Bilangan pada titik-titik adalah . . . .

17. Tentukan hasil perkalian dari bilangan di bawah ini!

          a. 4 X 8      = . . . .                                                             b. 5 X 6            = . . . .

 

18.  Hari pertama ayah memanen bawang merah sebanyak 4.0 6 5 kilogram. Kemudian hari kedua

       berjumlah 2.1 5 3 kilogram. Maka banyak bawang merah hasil panen ayah adalah . . ............................


PJOK

3.1 Memahami kombinasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep yang melibatkan berbagai bentuk permainan tradisional

19. Olahraga yang sesuai untuk anak seusiamu adalah . . . .

   a. renang                         b. tinju                                      c. angkat besi

 

20. Bermain becak gendong melatih kekuatan . . . .

     a. otot kaki                       b. otot lengan                           c. otot badan

 

21. Menirugerakgajahberiringandapatmenguatkanotot . . . .

a. leherdan kaki              b. tangandan kaki                    c. dada dantangan

 

22. Berolahraga secara teratur membuat tubuh menjadi . . . .

    

23.  Memperagakan gerakan kucing melompat dapat menguatkan otot . . . .

    

24.  Sebutkan 2 manfaat berolahraga secara teratur................

 



SBdP

3.1 Mengetahui unsur-unsur seni rupa dalam karya dekoratif

       25. Media yang dapat digunakan untuk mengajak orang lain dalam menjaga kebersihan lingkungan adalah . . . .

a.   poster                          b. gambar                                c. mozaik       

 

26. Sebutkan alat dan bahan dalam membuat karya seni mozaik!

           _________________________________________________________________________

           _________________________________________________________________________

 

3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu

       27. “ .” (tanda titik) pada pola irama dan lagu dinyanyikan dengan . . . .

              a. pendek                  b. panjang                                c. berhenti

 

28. Tanda “- - - -“ dinyanyikan dengan nada . . . .

 

3.3 Mengetahui dinamika gerak dan tari

       29. Bernyanyi lagu “Tepuk Tangan” melibatkan gerakan . . . .

 

3.4 Mengetahui teknik potong, lipat dan sambung

       30. Teknik menggabungkan batang bawah dan atas dari tanaman yang berbeda sehingga

             diperoleh tanaman baru disebut teknik . . . .

 

Posting Komentar

0 Komentar